Home Industri

Home industri merupakan salah satu bentuk bisnis yang dilakukan oleh warga negara atau masyarakat. Umumnya merupakan usaha kecil hingga menengah yang dilakukan di rumah pribadi maupun tempat lain, menetap dan tidak berpindah-pindah.

Ciri-Ciri Home Industri

Apabila Anda tertarik dengan penjelasan sebelumnya, berikut merupakan ciri-ciri yang menyertai bentuk kegiatan bisnis ini. Ciri-ciri ini di klasifikasikan secara garis besar dengan karakteristik yang umum.

Ciri ini kemudian berkembang menjadi bentuk khas dari kegiatan bisnis rumahan ini. Berikut merupakan diantaranya:

  1. Barang, produk  maupun jenis jasa yang ditawarkan tidak berubah-ubah, telah ditetapkan dan menjadi ciri khas daro home industritersebut.
  2. Lokasi ataupun tempat usaha yang digunakan untuk melakukan kegiatan bisnis ini tidak lagi berpindah tempat, hanya di satu titik, atau menggunakan cabang pada kasus tertentu.
  3. Umumnya menggunakan administrasi dan manajerial keuangan, walaupun masih terbilang sederhana. Keuangan tersebut telah berpisah dari keuangan dalam keluarga, baik bulanan maupun tahunan, dan memiliki neraca keuangan sendiri.
  4. Menggunakan akses perbankan sebagai modal awal usaha.
  5. Sebagian besar dari industri ini telah mampu membuat manajerial usaha yang baik, seperti perencanaan pengembangan, perbaikan dan planning business ke depannya.
  6. Pendiri ataupun sumber daya manusia yang melakukan kegiatan home industri memiliki pengalaman dalam bidang wirausaha.
  7. Memiliki izin resmi yang di dapatkan dari pemerintah, bersifat legal dengan dokumen maupun izin usaha yang jelas dan diakui oleh negara.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi khanfarkhan.com, yang selalu menyajikan artikel menarik seputar pertanian.

Itulah ciri dari kegiatan bisnis rumahan yang sebaiknya Anda ketahui. Ciri tersebut bersifat umum tanpa kriteria khusus. Tidak lengkap membahas makna dan ciri dari kegiatan ini tanpa menyertakan contoh yang praktis.

Contoh Home Industri

Berikut merupakan beberapa contoh kegiatan usaha home industri yang sering dikembangkan oleh masyarakat.

1. Usaha Bidang Kosmetik

Kegiatan bisnis yang cukup menjanjikan dan sering dilakukan oleh penggiat industri rumahan adalah kegiatan jual-beli dalam bidang kosmetik dan kecantikan.

Hal tersebut merupakan peluang usaha yang tercipta sebagai kebutuhan dan gaya hidup dari masyarakat, yang ingin selalu tampil prima dan berpenampilan baik.

Usaha bidang kosmetik umumnya berupa produk brand kecantikan muka untuk menunjang penampilan, seperti make-up dan alatnya, skincare, berbagai produk perawatan rambut dan lain sebagainya.

2. Usaha Bidang Makanan

Home industri lainnya yang sering dilakukan oleh masyarakat ialah usaha dalam bidang makanan atau kuliner. Ia merupakan jenis usaha yang paling mudah ditemukan dalam kegiatan bisnis rumahan ini.

Produk yang dihasilkan umumnya buatan tangan dan dipasarkan secara lokal, walau dalam kasus lain sering ditemui industri rumahan bidang makanan atau kuliner yang melebarkan sayapnya, hingga berhasil melakukan impor ke negara lain.

3. Bidang Obat-obatan Ringan

Untuk usaha yang satu ini, disebabkan kebutuhan masyarakat akan obat dan media penyembuh yang tinggi terhadap berbagai masalah kesehatan. Kondisi tersebut yang menyebabkan adanya peluang untuk mendirikan home industridalam bidang ini.

Beberapa contoh produk yang ditawarkan adalah obat-obatan, baik yang diproses sendiri dengan bahan alami atau tradisional, hingga obat-obatan yang diproses dan ditambahkan dengan berbagai bahan kimia yang tidak berbahaya untuk tubuh.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai home industri, yakni makna dibaliknya, ciri-ciri yang menyertainya serta beberapa bentuk contoh dari kegiatan bisnis Anda.

Terdapat beberapa manfaat melakukan usaha ini, yakni menciptakan peluang usaha dan membantu pemerintah untuk memberdayakan masyarakat.